Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Mulawarman TA 2019/2020

Bimbingan Teknis Pelayanan Prima Bagi Tenaga Kependidikan FISIP Unmul 2018

Meningkatkan Kualitas Dosen, Workshop Penulisan Jurnal Nasional FISIP

Hujan Mewarnai Dies Natalis FISIP, Semangat Membangun Negeri

Kegiatan heregistrasi dilaksanakan oleh Bagian Akademik Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mulawarman (Unmul). Heregistrasi dan pengisian kartu rencana studi adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa, selama masih aktif terdaftar dan belum lulus di suatu program studi yang ada di lingkungan Unmul. Registrasi/herregistrasi dan pengisian kartu rencana studi

dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun, yakni semester ganjil dan semester genap. 

Registrasi/Herregistrasi dan pengisian kartu rencana studi mahasiswa pada semester genap tahun akademik 2018/2019 di lingkungan Universitas Mulawarman dilaksanakan secara online. Dengan alur Prosedur Heregistrasi dan KRS yang dilaksanakan secara online sebagai berikut

1. Membayar SPP/UKT pada Bank yang telah berkerjasama dengan Universitas Mulawarman antara lain : Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Muamalat dan Bankaltim (khususnya mahasiswa baru menggunakan Tanda Peserta SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN, Program Penyelesaian, Program Kerjasama);

2. Bagi mahasiswa yang akan melaksanakan penundaan pembayaran SPP/UKT semester genap tahun akademik 2018/2019 untuk memudahkan registrasi/heregistrasi agar segera mengurus Surat Keterangan di Fakultas masing-masing selambat-lambatnya dua minggu sebelum masa pembayaran SPP/UKT berakhir, dan kemudian melapor ke Bagian Keuangan BUK Rektorat Unmul;

3. Melakukan Registrasi/heregistrasi dan pengisian kartu rencana studi mahasiswa semester genap tahun akademik 2018/2019 Unmul menggunakan sistem online pada alamat website https://sia.unmul.ac.id, mahasiswa lama dimulai tanggal 02 s/d 25 Januari 2019, dengan cara :
a. LOGIN ke sistem registrasi online pada website https://sia.unmul.ac.id, pilih menu portal mahasiswa dan dosen;
b. Mengetik password pada Portal akademik dengan menggunakan password sebelumnya bagi mahasiswa lama dan bagi mahasiswa baru password terdapat pada slip bank pembayaran SPP/UKT;
c. Bagi mahasiswa  yang memperoleh Beasiswa dari Pemerintah Pusat seperti Program BIDIKMISI, Program Adik Papua, Program Adik 3T, dll., apabila dana SPP/UKT belum cair, agar segera mengurus Surat Keterangan Penundaan Pembayaran SPP/UKT yang ditandatangani oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan Unmul;
d. Memindahkan kode security;

e. Meng-Klik tombol "Registrasi"
f. Mencetak Tanda Bukti Telah Registrasi Semester Genap 2018/2019;

4. Pastikan pengisian pada biodata SIA online seperti : nama, tempat dan tanggal lahir sudah sesuai dengan ijazah terakhir, serta isian Nomor KTP sudah benar, karena data tersebut akan berhubungan dengan portal Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kemenristekdikti)

5. Mahasiswa yang sudah menempuh perkuliahan pada semester ganjil tahun akademik 2018/2019 diharuskan mengisi borang "Evaluasi Kinerja Dosen Dalam Perkuliahan" dengan LOGIN ke sitem registrasi online pada website https://sia.unmul.ac.id, pilih menu portal mahasiswa dan dosen;

6. Bagi mahasiswa yang telah melaksanakan heregistrasi dan mengisi borang " Evaluasi Kinerja Dosen Dalam Perkuliahan" online selanjutnya mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) secara online di website : https://sia.unmul.ac.id, dan mencetaknya, dengan memperhatikan kurikulum dan mata kuliah yang ditawarkan pada semester genap tahun akademik 2018/2019. Berkonsultasi dengan Pembimbing Akademik serta Koordinator Program Studi masing-masing fakultas, bagi mahasiswa yang tidak bisa mengisi KRS secara online dapat meminta bantuan kepada operator SIA fakultas masing-masing.

7. Mengikuti perkulihaan semester genap tahun akademik 2018/2019 sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh fakultas masing-masing.

8. Bagi mahasiswa yang kesulitan untuk akses ke sistem baik heregistrasi maupun pengisian KRS secara online dapat menghubungi petugas helpdesk di Ruang Pelayanan Akademik Gedung Baru lantai Rektorat Unmul atau menghubungi kontak person panitia  :
- M. Syahrian Noor, SP. 085250409528                    
 - Isai Julianto M HP. 081347251823
- Achmad Bisri, A.Md  HP. 081253387201

- Hidayatul Muttaqien, S.Kom  HP. 08113302117    

Operator SIA Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik :
-M.Yamin Halimin, S.Hut                         082155411843
-Astuti Nur Janah, SP                             085250286008
-Mosiyah, S.Pd                                      085247369735
-Wiwin Rachmawati, S.Sos                    0813477840943

9. Bagi mahasiswa yang tidak membayar SPP/ UKT, tidak melakukan herregistrasi dan tidak mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) online pada waktu yang ditentukan, tidak diperbolehkan mengikuti seluruh kegiatan akademik Universitas Mulawarman, pada semester yang berjalan.

Demikian Prosedur Operasi Standar ini dibuat untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Pejabat Struktural & Dekan2 Fisip

digital library

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Thumbnail Program Studi Administrasi Negara mengadakan Workshop Penyusunan Kontrak Perkuliahan & Pemutakhiran RPS Mata Kuliah...
More inMahasiswa  
Thumbnail Berkenaan dengan penggunaan Pakaian Dinas Harian (PDH) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman,...
More inDosen/Staf  
Thumbnail PT Nutrifood Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman kesehatn. Kami berharap dapat...
More inAlumni  

Jadwal Kuliah - Ujian

  1. GASAL
  2. GENAP
  3. UJIAN
Thumbnail Semester merupakan satuan waktu terkecil yang digunakan untuk menyatakan lamanya proses kegiatan belajar-mengajar...
Jadwal Kuliah Genap 2018/2019
Selasa, 29 Januari 2019
Thumbnail Semester adalah satuan terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan. Satu...
Thumbnail Bagi mahasiswa dan mahasiswi yang telah melengkapi persyaratan administrasi  untuk mengikuti Ujian Semester Ganjil tahun...
More inJadwal Ujian