Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Mulawarman TA 2019/2020

Bimbingan Teknis Pelayanan Prima Bagi Tenaga Kependidikan FISIP Unmul 2018

Meningkatkan Kualitas Dosen, Workshop Penulisan Jurnal Nasional FISIP

Hujan Mewarnai Dies Natalis FISIP, Semangat Membangun Negeri

Fisip Unmul Selayang Pandang

  1. SEJARAH
  2. PRODI
  3. FASILITAS
  4. ORGANISASI
  5. DOSEN DAN STAF
  6. MAHASISWA
  7. ALUMNI
  8. WEB PRODI
  9. EJOURNAL
  10. KONTAK
Cikal bakal berdirinya Fisip Unmul bisa ditelusuri sejak tahun 1962, yang diberi nama Perguruan Tinggi Mulawarman. Nama ini ditetapkan secara resmi dalam Surat Keputusan Gubernur Kaltim No. 15/PPK/62. Nama ini tak lama digunakan karena ketika meminta pengesahan Menteri PTIP kemudian nama ini diubah menjadi Universitas Kalimantan Timur (Unikat). Berdasarkan Keputusan Presiden RI tanggal 23 April 1963, nama yang disetujui adalah Universitas Mulawarman (Unmul). Pada saat menggunakan nama Perguruan Tinggi Mulawarman, hanya ada dua Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan. Pada tahun 1966, kedua Fakultas tersebut dipisah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Ekonomi.
Jumlah Program Studi (Prodi) di Fisipol Unmul mengalami peningkatan pesat dibandingkan dengan ketika awalnya berdiri. Sebelum tahun 2000, jumlah Prodi hanya tiga, yakni Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Sosiatri. Peningkatan secara signifikan terjadi mulai tahun 2000 dengan dibentuknya Prodi-Prodi baru. Sekarang ini, Fisip Unmul memiliki sembilan program S1 (Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Sosiatri/Pembangunan Sosial, Ilmu Hubungan Internasional, Administrasi Bisnis, Administrasi Bisnis kons. Pariwisata & Hospitality, Ilmu Komunikasi, Psikologi dan satu program S2 (Magister Administrasi Publik).
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman memiliki fasilitas dan prasarana yang beragam, lengkap dan sangat memadai guna menunjang proses belajar mengajar di lembaga ini. Fasilitas serta prasarana dikelola dan dirawat oleh staf Umum dan BMN yang khusus untuk itu. Beberapa di antaranya adalah gedung perkuliahan dan perkantoran (Dekanat) yang representatif, ruang pertemuan ilmiah dan konferensi yang luas, ruang seminar dan ruang sidang ujian skripsi yang dilengkapi dengan peralatan modern, perpustakaan digital, hot spot, tempat parkir yang luas, sarana keagamaan (tempat ibadah), alat musik (band), berbagai jenis lapangan olahraga, dan lain sebagainya.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dipimpin oleh Dekan, yang dibantu oleh tiga Wakil Dekan, yakni Wakil Dekan I (bidang akademik), Wakil Dekan II (bidang administrasi, kepegawaian dan keuangan) dan Wakil Dekan III (bidang kemahasiswaan). Di bidang akademik, Dekan membawahi Program Studi (dipimpin Ketua Prodi, yang dibantu Sekretaris Prodi). Di bidang administrasi, Dekan membawahi Tata Usaha (TU), yang dipimpin oleh Ketua Tata Usaha (KTU). KTU membawahi sub-sub bagian (Subag), yang dipimpin oleh Kepala Sub-Bagian (Kasubag), seperti Kasubag Pendidikan, Kasubag Kemahasiswaan & Alumni, Kasubag Keuangan & SDM, Kasubag BMN & Perlengkapan.
Peran dosen dan staf sangat krusial dalam proses belajar mengajar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Hingga bulan April 2017, jumlah keseluruhan dosen tetap PNS sebanyak 88 dan dosen tetap non-pns sebanyak 18 dosen. Dilihat dari segi pendidikannya, proporsi mereka adalah 31 dosen berpendidikan Doktor, 57 dosen berpendidikan Magister dan 0 berpendidikan Sarjana. Sementara itu, jumlah keseluruhan staf di Fisip Unmul adalah 114 orang, yang terdiri dari 70 laki-laki dan 44 perempuan. Di lihat dari status kepegawaiannya, 27 orang staf adalah PNS sementara 87 orang adalah pegawai Honorer atau yang belum berstatus sebagai PNS´╗┐.
Peminat ilmu-ilmu sosial dan politik belakangan ini meningkat pesat. Ini dicirikan dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang signifikan. Sebelum tahun 2000, jumlah mahasiswa tercatat tidak lebih dari 700 orang, sementara pada bulan April 2007 jumlanya mencapai 4585 orang, dimana 1296 di antaranya adalah mashasiswa dari jalur seleksi nasional, sementara 3288 orang dari jalur seleksi lokal/mandiri di semua jenjang (D3. S1, dan S2). Pada tahun 2012, jumlah mahasiswa yang terdaftar di Fisip Unmul adalah 5.732 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 396 mahasiswa (7,42%) tidak melakukan her registrasi, sementara mayoritas dari mereka, yakni sebanyak 5.336 mahasiswa (92,58%) telah melakukan her-registrasi atau yang aktif kuliah.
Oleh karena Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) didirikan sejak 1962, sudah banyak alumni yang dihasilkan oleh Fakultas ini. Dari data yang ada, jumlah mereka adalah 6145 orang, yang sekarang tersebar di seluruh Indonesia dan bahkan ada yang di luar negeri. Namun, jumlah yang terbanyak berada/bermukim di Kalimantan Timur. Banyak di antara mereka yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil, birokrat, pejabat, politisi, pengusaha, wiraswasta, aktivis, self-employed, dan lain sebagainya. Para alumni Fisip Unmul memiliki wadah organisasi alumni yang diberi nama IKA-Fisip Unmul (Ikatan Keluarga Alumni Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik, Universitas Mulawarman).
Fisip Unmul memberikan ruang bagi Prodi untuk tampil di cyber space sehingga mereka bisa berkiprah secara kreatif untuk kepentingan Prodi dalam payung Keluarga Besar Fisip Unmul. Alasan lainnya, ketika mengusulkan akreditasi, Prodi terkait diminta mencantumkan alamat situs Program Studi, yang menjadi salah satu poin penilaian akreditasi. Beberapa yang sudah online adalah Program Magister (S2) Administrasi Publik (http://map.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Pemerintahan (http://ip.fisip-unmul.ac.id), Prodi Psikologi (http://psikologi.fisip-unmul.ac.id), Prodi Ilmu Hubungan Internasional (http://hi.fisip.unmul.ac.id), Prodi Ilmu Komunikasi (http://ilkom.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Bisnis (http://adbisnis.fisip-unmul.ac.id), Prodi Administrasi Negara (http://an.fisip-unmul.ac.id), Prodi Sosiatri (http://sos.fisip-unmul.ac.id).
Semua Program Studi/Pendidikan di Fisip Unmul telah memiliki eJournal, sbb: 1) eJournal Ilmu Administrasi Negara (http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id), 2) eJournal Ilmu Pemerintahan (http://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id), 3) eJournal Sosiatri-Sosiologi (http://ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id), 4) eJournal Ilmu Hubungan Internasional (http://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id), 5) eJournal Ilmu Komunikasi (http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id), 6) eJournal Administrasi Bisnis (http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id), 7) eJournal Psikologi (http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id), 8) eJournal Magister Ilmu Administrasi Negara (http://ar.mian.fisip-unmul.ac.id). Pintu gerbang (gateway) dari eJournal-eJournal tersebut adalah Portal Karya Ilmiah Fisip Unmul (http://portal.fisip-unmul.ac.id).
Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) berlokasi Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kampus Fisip Unmul ini terletak di dataran tinggi dalam kompleks kampus Universitas Mulawarman sehingga bebas banjir. Alamatnya adalah: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Kampus Gunung Kelua, Samarinda 75411, Kalimantan Timur. Fisip Unmul bisa dihubungi dengan telepon pada nomor (0541) 743820 dan 748662, atau dengan Fax pada nomor (0541) 743820. Fisip Unmul bisa juga dihubungi dengan email di alamat fisip[at]fisip-unmul.ac.id (ganti tanda [at] dgn @) atau melalui website (menu Kontak di web ini). Selain itu, Fisip Unmul memiliki account Facebook dan Twitter, yang bisa dipakai sebagai sarana kontak.

Calon Mahasiswa Baru

  1. INTRO
  2. PENDAFTARAN
  3. UKT
  4. BEASISWA
  5. PILIHAN STUDI
´╗┐Minat lulusan SMU/SMK untuk menjadi mahasiswa Fisip Unmul tergolong tinggi. Demikian juga lulusan S1 yang ingin melanjutkan ke S2. Ini bisa dilihat dari banyaknya dan terus meningkatnya pelamar dalam lima tahun terakhir. Tingginya animo tersebut direspon dengan tiap tahun melakukan penerimaan mahasiswa baru di sepuluh Program Studi dari berbagai jalur penerimaan (SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN) dan jenjang studi (S1 & S2). Jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahunnya adalah sekitar 1000 orang. Dilihat dari jumlah mahasiswa, Fisip Unmul sekarang ini menempati urutan ketiga di lingkungan Unmul, setelah FKIP dan Fekon, dengan total 5336 lebih mahasiswa yang aktif kuliah. Mahasiswa-mahasiswa Fisip Unmul tersebar di 10 Program Studi di berbagai jenjang studi (S1/Program Sarjana dan S2/Program Pascasarjana).
Untuk bisa menjadi mahasiswa pada salah satu Program Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, ada tiga jalur yang dapat ditempuh, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Untuk bisa ikut dalam seleksi penerimaan mahaiswa baru di ketiga atau salah satu jalur tersebut, maka calon mahasiswa mesti melakukan pendaftaran untuk mendapatkan identitas peserta atau kartu peserta ujian. Pendaftaran di ketiga jalur masuk tersebut dilakukan secara online di Internet, di link situs yang telah ditentukan oleh Depdiknas (untuk SNMPTN), Majelis Rektor PTN se-Indonesia (SBMPTN), dan Universitas Mulawarman (Jalur Mandiri/SMMPTN).
Pemerintah Pusat (dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) berusaha meringankan beban biaya pendidikan di PTN bagi keluarga yang kurang mampu, sehingga anak-anak dari keluarganya yang tergolong kurang mampu tetap bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri. Tindak lanjutnya adalah, mulai tahun 2013, jumlah UKT di Fakultas-Fakultas di Unmul bervariasi jumlahnya. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip unmul),jumlah UKT terendah adalah Rp 500.000,00/semester sementara yang tertinggi adalah Rp 3.000.000,00/semester. Interval jumlah UKT ini ditentukan berdasarkan penghasilan, pekerjaan, dan pengeluaran dari orang tua mahasiswa yang bersangkutan. Perhitungannya jumlah UKT ini memakai rumus perhitungan yang telah ditentukan.
Setiap tahun Fisip Unmul menerima alokasi beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan atau yang berprestasi. Pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa ini bukan hanya bisa dilakukan ketika sudah menjadi mahasiswa, tapi juga ketika masih mendaftar masuk di Fisip Unmul (baik jalur undangan, jalur ujian tertulis, dan jalur mandiri/lokal). Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa dengan Program Bidikmisi dari Departemen Pendidikan Nasional. Ketika menjadi mahasiswa, tawaran-tawaran beasiswa bukan hanya datang dari Depdiknas, tapi juga dari berbagai lembaga dan perusahaan seperti PT. Taspen, Bank Indonesia, Yayasan Supersemar, Osaka Gas Company, PT Pupuk Kaltim, LNG Bontang, Pertamina, PT. Djarum, Pemprov. Kaltim, BBPM, BRI, Eka Cipta Foundation, PPE, BCA, dsb.

gedung s2.jpgSebelum tahun 2000, di Fisip Unmul hanya ada 3 pogram studi S1 yang setiap tahunnya hanya menerima mahasiswa sekitar 100 orang untuk ketiga program studi tersebut. Total mahasiswa aktif ketika itu sekitar 600 orang. Sekarang (2012), terdapat 11 program studi di berbagai jenjang (D3, S1, S2) yang setiap tahunnya menerima mahasiswa sekitar 1000 orang. Jumlah mahasiswa secara keseluruhan saat ini adalah 5336 orang. Peningkatan sekitar 10 kali lipat ini menuntut adanya

penyediaan sarana-prasarana, tenaga dosen dan staf, serta aturan-aturan baru untuk memfasilitasi kelancaran proses belajar mengajar.

Dalam hal sarana-prasarana dan fasilitas, beberapa gedung baru dibangun seperti Gedung S1 Administrasi Niaga dan Perkantoran (2 lantai), Gedung Ilmu Komunikasi (2 lantai), Hedung Perpustakan/SIA (2 lantai), Gedung S2 (3 lantai), dan yang terbaru adalah Gedung Dekanat (3 lantai). Dengan pembangunan gedung-gedung baru ini berarti jumlah dan luas ruang kelas dan perkantoran meningkat. Ruang seminar untuk mahasiswa, ruang rapat, dan ruang pertemuan juga bertambah. Renovasi ruang kantor dan kelas lama juga dilakukan sehingga terbangun ruang perpustakaan baru yang lebih luas, ruang dosen, dan ruang konferensi.

Untuk fasilitas, ruang-ruang kelas sekarang dilengkapi dengan LCD permanen sehingga para dosen tinggal membawa laptop untuk menampilkan materi kuliah dengan presentasi powerpoint atau program sejenis. Di ruang seminar mahasiswa, layarnya berupa TV LCD layar lebar dan mahasiswa tinggal mencolokkan USB interface ke laptop mahasiswa.

Perpustakaan FIsip Unmul juga dibenahi, dari yang bersifat manual ke perpustakaan digital. Di perpustakaan baru ini mahasiswa yang ingin menjadi anggota perpustakaan akan mendapatkan kartu perpustakaan dengan data-data digital. Pembuatan kartu anggota perpustakaan ini memakai mekanisme pembuatan kartu langsung jadi, dimana calon anggota difoto dengan kamera khusus perpustakaan, fotonya masuk ke form kartu anggota yang sudah ada, data di-entry ke database dan digitalisasi dalam bentuk barcode, diprint, dilaminating, dan diserahkan ke anggota perpustaaan. Ini memerlukan waktu sekitar 30 menit per mahasiswa. Jadi prinsip atau mekanisme pembuatan kartu anggota adalah langsung jadi; namun, karena peminjamnya banyak sementara staf yang melayani terbatas maka diperlukan waktu lebih. Selain itu, buku-buku dikatalogisasi secara elektronik sehingga memudahkan pencarian referensi dengan fitur pencarian (Search). Buku-buku koleksi juga di-barcoding sehingga dengan bantuan alat scan perpustakaan proses pinjam meminjam menjadi lebih efisien. Skripsi didigitalisasi sehingga para anggota perpustakaan bisa membaca skripsi di layat komputer perpustakaan.

Penataan lingkungan kampus juga dilakukan dengan membangun gazebo-gazebo, memperbaiki tempat-tempat duduk/diskusi, penghijauan kampus, dan lain sebagainya. Ini dimaksudkan agar kampus Fisip Unmul menjadi semakin asri dan nyaman bagi komunitas penggunanya.

Beberapa fasilitas lain juga diadakan dan dibenahi seperti pembangunan lapangan basket, penataan perpakiran, perluasan ruang perpustakaan, dan lain sebagainya.

Agar input dan output seimbang. peraturan tentang tata-laksana skripsi diubah. Kalau sebelumnya ada Seminar I (seminar proposal), Seminar II (seminar hasil penelitian), dan Ujian Skripsi/Pendadaran, sekarang ini hanya ada Seminar Proposal dan Ujian Skripsi. Dalam Seminar proposal yang baru, mahasiswa sebanyak 5 orang dilibatkan sebagai pembahas.

Dalam berbenah untuk merespon peningkatan minat calon mahasiswa untuk kuliah di Fisip serta perkembangan teknologi informasi dalam pendidikan, banyak hal-hal lain yang telah dilakukan yang bisa dilihat atau dipahami dengan meng-explore homepage Fisip ini atau berkunjung ke kampus Fisip Unmul.

Pejabat Struktural & Dekan2 Fisip

digital library

Pro : Sivitas Akademika

  1. MAHASISWA
  2. DOSEN/STAF
  3. ALUMNI
Thumbnail Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman turut berbangga atas prestasi salah satu dosennya yang...
More inMahasiswa  
Thumbnail Berkenaan dengan penggunaan Pakaian Dinas Harian (PDH) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman,...
More inDosen/Staf  
Thumbnail PT Nutrifood Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman kesehatn. Kami berharap dapat...
More inAlumni  

Jadwal Kuliah - Ujian

  1. GASAL
  2. GENAP
  3. UJIAN
Thumbnail Semester merupakan satuan waktu terkecil yang digunakan untuk menyatakan lamanya proses kegiatan belajar-mengajar...
Jadwal Kuliah Genap 2018/2019
Selasa, 29 Januari 2019
Thumbnail Semester adalah satuan terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan. Satu...
Thumbnail Bagi mahasiswa dan mahasiswi yang telah melengkapi persyaratan administrasi  untuk mengikuti Ujian Semester Ganjil tahun...
More inJadwal Ujian