Pelantikan Dekan FISIP Periode 2019 - 2023

Pemilihan Anggota Senat FISIP Periode 2019 - 2023

Buka Puasa Bersama Sivitas Akademika FISIP, Tingkatkan Rasa Kebersamaan dan Kekeluargaan

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Mulawarman TA 2019/2020

mhs pin femaleProgram S1 Pemerintahan (PIN) Fisip Unmul adalah program kerjasama antara Universitas Mulawarman dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, yang bertugas menyelenggarakan pendidikan khusus di bidang kepamongan (praktisi pemerintahan). Dalam penerimaan mahasiswa baru 2013, Program S1 PIN membuka penerimaan mahasiswa baru Gelombang II

. Pendaftaran dimulai tanggal 15 Juli s/d 14 Agustus 2013 sementara pelaksanaan tes masuk dilaksanakan pada tanggal 15 s/d 21 Agustus 2012. Hasil seleksi akan diumumkan tanggal 23 Agustus 2013.

mhs pin maleSejak tahun 2011/2012, penerimaan mahasiswa baru Program S1 PIN dilakukan melalui dua jalur, yakni Jalur Pemerintah Daerah dan Jalur Perorangan. Dalam Jalur Pemerintah Daerah, mahasiswa melakukan pendaftaran sebagai calon peserta pada Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur yang mengirim calon peserta seleksi mahasiswa baru S1 PIN. Pembiayaan selama studi akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten/Kota asal mahasiswa dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Untuk Jalur Perorangan, mahasiswa melakukan pendaftaran ke Kampus S1 PIN, namun wajib membawa Surat Rekomendasi/Pengantar/Keterangan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten/Kota daerah asal mahasiswa. Pembayaran SPP untuk Jalur Perorangan ini dilakukan secara mandiri (ditanggung oleh calon mahasiswa yang bersangkutan). Jalur Perorangan ini disediakan untuk peminat yang berasal dari Kabupaten/Kota yang Pemerintah Daerahnya tidak mengirim calon peserta seleksi ke Program S1 PIN.

kampus pinDalam sistem pendidikan pada Program S1 PIN, masa studi mahasiswa didisain berlangsung selama 4 (empat) tahun. Dalam pada itu, selama mengikuti pendidikannya, seluruh mahasiswa -- baik yang dari Jalur Pemerintah Daerah maupun Jalur Perorangan -- diwajibkan tinggal di asrama,  dan semua pembiayaan selama tinggal di asrama, serta pembiayaan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar, termasuk penyediaan bahan ajar, biaya penulisan skripsi, biaya yudisium dan wisuda, biaya mengikuti On the Job Training atau KKN, biaya studi lapangan ke luar daerah serta biaya-biaya lainnya ditanggung oleh Program.

Untuk lokasi kampus PIN, persyaratan menjadi calon peserta seleksi, formulir surat pernyataan, dan jadwal lengkap penerimaan mahasiswa S1 PIN, silakan kunjungi situs Program S1 PIN dan download filenya di http://www.pin.or.id

Latest News Feeds

  1. PORTAL K. ILMIAH
  2. QUESTION & ANSWER